Posted by : 51617 Senin, 01 Juni 2015




10 Kiat Akur dengan Teman Sekamar (Bagian 1)

MASUK kuliah bisa menjadi pengalaman yang menantang. Buat kamu yang tinggal dengan teman sekamar, bisa jadi ini adalah kali pertama kamu hidup dan tinggal bukan dengan anggota keluarga.
Terkadang, kita tidak bisa menghindari konflik. Entah itu karena hal sepele, apalagi jika penyebabnya memang sangat prinsipil. Menjaga hubungan baik dengan teman sekamar memang gampang-gampang susah. Berikut beberapa saran yang bisa kamu terapkan seperti dilansir Her Campus, Selasa (27/12/2011).

Komunikasi
Komunikasi terbuka adalah salah satu kunci kesuksesan hubungan dengan teman sekamar. Biarkan teman sekamarmu tahu apa yang kamu suka dan tidak suka di awal perkenalan kalian. Tetapi, kamu juga harus terbuka untuk mendengar apa yang dia suka dan tidak dia sukai.
Ketika teman sekamarmu melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai, jangan diam saja. Hal-hal kecil, ketika dibiarkan, akan membesar. Komunikasi yang bersahabat dengan teman sekamarmu akan menjaga hubungan kalian dalam situasi yang setara.

Menghormati batasan
Memiliki teman sekamar yang menetapkan beberapa peraturan dasar memiliki kecenderungan untuk menghormati batasan-batasan pribadi satu sama lain.
Jika kamu ingin bangun lebih pagi untuk belajar selama ujian akhir semester (UAS), maka beritahu teman sekamarmu untuk tidak begadang hingga jam tiga pagi.

Jangan meminjam semua barang
Godaan untuk meminjam berbagai barang atau memakan camilan teman sekamar ketika dia tidak ada memang sangat besar. Tetapi, perilaku ini dapat memicu konflik. Jagalah kedamaian dengan tidak 'usil' pada barang-barang teman sekamar kita.

Sopan
Nilai-nilai kesopanan umum biasanya berlaku juga untuk hubungan dengan teman sekamar. Jangan terlalu berisik atau mengundang terlalu banyak tamu ketika ada teman sekamarmu.

Jaga kebersihan
Mereka yang jorok dan berantakan, biasanya cocok tinggal sekamar dengan orang yang serupa. Yuk, belajar menghormati ruang yang kita bagi dengan menjaga 'wilayah' kita tetap bersih dan rapi.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

- Copyright © Better Everyday -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -