Posted by : 51617 Kamis, 28 Mei 2015



Belajar dari Kesuksesan Nabi Muhammad SAW (bagian 2)

Kualiatas Spiritual
Jika kita amati tindakan dan anjuran-anjuran yang diberikan, paling tidak ada empat hal penting yang dilakukan Rosululloh SAW dalam melakukan perubahan masyarakat. Pertama, Pembangunan spiritual. Ini dibuktikan dari kenyataan baha yang pertama dilakukan Nabi begitu sampai Madinah adalah pembangunan masjid. Masjid adalah simbol kegiatan spiritual dan perbaikan moral. Kenyataan lain, dengan banyaknya anjuran beliau pada umatnya untuk melakukan shalat malam (qiyâm al-lail). Shalat malam tentu bukan sekedar bangun malam untuk melakukan shalat sunnah dua rakaat, apalagi hanya sekedar shalat Isya’ yang ketinggalan. Qiyam al-lail hanya sarana yang tujuan intinya adalah tercapainya kualitas spiritual. Inilah yang terpenting, yaitu penghayatan dan perubahan moral serta penambahan kualitas spiritual. Karena itulah, Alloh SWT dalam Al Qur’an berfirman, "Pada sebagian malam, shalat tahajudlah sebagai tambahan bagi kamu semoga Alloh mengangkat derajatmu ke tempat yang terpuji" (QS. Al-Isra, 79). Tujuannya adalah agar derajat kita semakin naik di sisi Tuhan.
Dalam hai ini, paling tidak ada dua manfaat dari kegiatan shalat malam yaitu akan menjadikan seseorang begitu dekat dengan Alloh SWT dan membuat hati menjadi jernih. Sehingga apa yang ada dalam hati, pikiran dan perilaku hanyalah untuk mengharap ridho Alloh SWT. Seseorang akan senantiasa berhati-hati dalam melakukan sesuatunya karena merasa diawasi oleh Alloh, hal ini tentu dapat menuntun seseorang kedalam ketaqwaan.
Dalam pembangunan masyarakat, Rosululloh SAW tidak mengajarkan umat islam mengejar kuantitas dan formaltas ibadah, tetapi kualitas dan substansial atau penghayatan dari ibadah-ibadah yang dilakukan. Sebab, penghayatan dan kualitas inilah yang akan mampu mendorong si pelaku ke arah perubahan-perubahan yang positif.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

- Copyright © Better Everyday -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -