Posted by : 51617 Sabtu, 30 Mei 2015




Adab Mengantarkan Jenazah (Bagian 2)

4.      Menaburkan Tanah Seteleh Pemakaman
Dalam Hadits Ibnu Majah kitab Janaiz (catatan tentang jenazah ) yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, pada suatu saat Nabi Muhammad ta’ziah (melayat) terhadap sahabatnya yang meninggal. Setelah mensalatkannya kemudian beliau ikut mengantar jenazah ke kuburan. Setelah dikubur, kemudian beliau mendatangi makam tersebut sambil menggenggam tanah dan menaburkannya di atas kuburan sebanyak 3 kali. Dimulai dari arah kepala.

5.      Nasehat Kematian dan Kehidupan Akhirat
Sebelum berdoa, boleh menyampaikan nasihat singkat mengenai kematian dan kehidupan akhirat. Hal ini dimaksudkan agar jiwa orang-orang yang hadir menjadi lebih tenang dan lebih siap untuk bermunajat kepada Allah. Diriwayatkan dari Ali RA, dia berkata, “Kami sedang menghadiri pemakaman jenazah di Baqi’ Gharqad. Kemudian Nabi datang lalu duduk dan kami pun duduk di sekitar beliau. Beliau memegang sebuah tongkat pendek. Beliau menunduk dan mematuk-matukkan ujung tongkat pendek itu ke tanah. Beliau lalu bersabda:
Tidak ada seorangpun dari kalian, tidaklah ada jiwa yang diciptakan, kecuali telah ditetapkan tempatnya di surga atau di neraka, dan telah ditetapkan sebagai orang celaka atau bahagia.’ Seorang sahabat berkata, ‘Wahai Rasulullah, kalau begitu apakah kita tidak sebaiknya menyerahkan diri pada ketetapan itu’. Beliau menjawab, ‘Beramallah, karena setiap orang dimudahkan untuk beramal sesuai dengan apa yang dia diciptakan untuknya’.” (Muttafaq Alaih).

6.      Mengambil Pelajaran
Hendaknya para pengantar mengambil pelajaran berharga atas pengalamannya mengusung dan mengantarkan jenazah. Nabi bersabda:
Jenguklah orang sakit dan iringilah jenazah, dengan demikian kalian akan mengingat akhirat.” (Riwayat Ahmad)

Sumber: Bahrul Ulum/Suara Hidayatullah, APRIL 2011


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Popular Post

- Copyright © Better Everyday -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -